Waspada Infeksi Bakteri Campylobacter pada Anak Anda

Waspada Infeksi Bakteri Campylobacter pada Anak Anda - Bakteri campylobacter biasanya disebarkan melalui makanan yang terkontaminasi atau air. Bakteri ini dapat menginfeksi saluran pencernaan dan menyebabkan diare, demam, dan kram. Membiasakan mencuci tangan dan makanan  akan membantu mencegah infeksi campylobacter ( campylobakteriosis ) yang biasanya sembuh dengan sendirinya, tetapi akdang-kadang dapat diobati dengan anibiotik.


Gambar : Medicastore

Campylobacter menginfeksi lebih dari 2 juta orang setiap tahun dan itu adalah penyebab utama diare dan penyakit karena makanan. Bayi di bawah 1 tahun, remaja, dan dewa*sa muda adalah yang paling sering berpengaruh.

Campylobacter ditemukan diusus hewan liar dan hewan rumahan. Bakteri ini terdapat dalam kotoran mereka, yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia melalui  makanan yang terkontaminasi, daging (terutama ayam), air yang diambil dari sumber terkontaminasi (sungai atau sungai dekat tempat binatang merumput), dan produk susu yang belum di pasteurisasi.

Tanda & Gejala

Gejala biasanya akan muncul 1 – 7 hari setelah menelan bakteri. Gejala utama infeksi campylobacter adalah demam, kram perut, dan diare ringan sampai berat. Diare dapat menyebabkan dehidrasi sehingga harus diawasi secara ketat. Dalam kasus campylobakteriosis, diare berair pada awalnya, tetapi kemudian bisa mengandung darah dan lendir. Kadang-kadang nyeri perut menjadi gejala lebih dominan dari diare. Ketika ini terjadi, infeksi mungkin keliru untuk usus buntu atau masalah dengan pancreas.

Pengobatan

Sebagian besar anak penderita infeksi campylobacter akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Kadang-kadang dokter juga meresepkan antibiotic, terutama jika anak masih sangat muda atau jika gejala parah atau berkelanjutan. Jika anak Anda memperoleh antibiotic, berikan sesuai jadwal seperti yang disarankan oleh dokter anak. Juga, jangan memberikan obat-obatan tanpa resep dokter dan tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Kapan menghubungi dokter ?

Hubungi dokter jika anak Anda : terdapat noda darah pada tinjanya, muntah, menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, menderita sakit perut, mengalami demam tinggi. Dengan beristirahat, kebanyakan anak-anak dengan infeksi campylobacter dapat sembuh total.

No comments:

Post a Comment