Mengenal Gejala Giardiasis Pada Anak

Mengenal Gejala Giardiasis Pada Anak - Giardiasis adalah penyakit yang memengaruhi saluran pencernaan yang disebabkan oleh jenis parasit mikroskopis Giardia lamblia. Parasit ini menempel pada lapisan usus kecil manusia, di mana ia menyabot penyerapan lemak tubuh dan karbohidrat dari makanan yang dicerna. Giardia adalah merupakan salah satu penyebab diare di dunia dan ditularkan melalui air yang terkontaminasi parasit ini.

Sumber Gambar : kidshealth.org

Anak-anak tiga kali lebih mungkin terkena penyakit ini daripada orang dewasa, karena diyakini bahwa pada saat beranjak dewasa tubuh akan mengembangkan sistem kekebalan terhadap parasite pada umumnya.
Terkadang penyakit ini tidak menimbulkan gejala, dan biasanya penyakit ini bermula dengan adanya diare berarir tanpa disertai darah atau lendir. Dan beberapa gejala lainnya seperti perut kram, jumlah besar gas dalam perut , perut yang membesar karena gas, kehilangan nafsu makan, mual dan munta, serta kadang-kadang diertai dengan demam ringan.

Penularan penyakit ini melalui tinja manusia dan binatang ( terutama anjing dan berang-berang ) yang biasanya akan mengontaminasi pasokan air yang sering digunakan oleh masyarakat umum, seperti kolam renang, sumber air alami dan lain-lain.

Cara Pencegahan Giardiasis

Beberapa cara berikut ini dapat melindungi keluarga Anda dari infeksi parasit giardia, perhatikan beberapa hal ini.
  • Minum hanya dari persediaan air yang telah disetujui otoritas kesehatan setempat.
  • Bawa air sendiri ketika anak Anda pergi berkemah atau hiking, bukan minum dari sumber-sumber seperti sungai yang bermata air di gunung.
  • Cuci buah dan sayuran mentah dengan baik sebelum mengkomsumsinya.
  • Cuci tangan dengan baik sebelum memasak makanan.
  • Ajarkan anak-anak Anda untuk mencuci tangan setelah setiap sehabis ke kamar mandi dan terutama sebelum makan. Jika seseorang dalam keluarga Anda terkena giardiasis, cuci tangan sesering mungkin ketika Anda merawatnya.
  • Ajarkan anak-anak Anda untuk mencuci tangan dengan baik sesudah menguras akuarium yang berpotensi sebagai sumber giardiasis.
  • Periksalah sumur yang Anda gunakan secara teratur.

 

Kapan Harus menghubungi dokter ?

Anda harus menghubungi dokter jika Anak atau Anda mengalami :
Diare yang parah, terutama jika dia juga mengalami demam dan nyeri perut.
Sesekali, mengalami diare yang berlanjut selama beberapa hari, terutama jika selera makan berkurang dan Anak Anda mengalami penurunan berat badan atau berat badan anak Anda tidak naik sesuai yang diharapkan.

0 Response to "Mengenal Gejala Giardiasis Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel