Kenali Bahaya Infeksi H.Helicobacter Pylori Pada Anak

Kenali Bahaya Infeksi H.Helicobacter Pylori Pada Anak - Bakteri pylori (Helicobacter Pylori) biasanya tidak menyebabkan masalah di masa kecil. Namun, jika tidak diobati dapat menyebabkan penyakit pencernaan, termasuk gastritis (iritasi dan peradangan pada lapisan lambung), penyakit ulkus peptikum ( ditandai dengan luka yang terbentu diperut atau bagian atas dari usus kecil, yang disebut duodenum), dan penyebab kanker perut dikemudian hari. Bakteri ini ditemukan di seluruh dunia, tapi terutama di Negara berkembang di mana sampai 10% anak dan 80% dewa*sa dapat memiliki bukti laboratorium dari infeksi H.pylori – biasanya tanpa gejala.

Kenali Bahaya Infeksi H.Helicobacter Pylori Pada Anak
Sumber Gambar : MicrobeWiki

Tanda dan Gejala

Siapapun dapat terjangkit infeksi H.pylori tanpa menyadarinya karena kebanyakan infeksi pylori “tidak terlihat” dan tidak menampakkan gejala. Ketika bakteri menyebabkan gejala-gejala, mereka menyebabkan gejala gastritis atau ulkus peptikum. Pada anak-anak, mungkin akan mengalami gejala maag mungkin termasuk mual, muntah, dan sering mengeluh merasa sakit di perut.

Cara Penularan

Para ilmuwan menduga bahwa infeksi H.pylori menular karena infeksi tampaknya berjalan dalam keluarga dan lebih umum di mana orang hidup dalam kondisi ramai atau tidak sehat. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa infeksi ini ditularkan dari orang ke orang, tapi cara penularannya benar-benar belum diketahui secara pasti.

Pengobatan

Dokter mengobati infeksi H.pylori menggunakan antibiotic. Oleh karena antibiotic tunggal tidak mungkin membunuh bakteri, Anak Anda biasanya akan di berikan antibiotic kombinasi. Dan biasanya dokter juga akan memberikan antasida atau obat penekan asam untuk menetralkan produksi asam lambung. Jika anak Anda memiliki gejala perdarahan dari lambung atau usus halus, sebaiknya anak di raat di rumah sakit.

Pencegahan

Saat ini, belum ada vaksin untuk H.pylori. oleh karena penularan tidak dipahami dengan jelas, maka tidak tersedia pedoman baku untuk pencegahan. Akan tetapi, salalu penting untuk memastikan Anda dan keluarga Anda melakukan beberapa kebiasaan sehat berikut ini.
  • Mencuci tangan dengan baik dan benar.
  • Makan makanan yang telah dipersiapkan dengan benar.
  • Minum air dari sumber yang aman dan terjamin higienis.

 

Kapan Menghubungi Dokter ?

Hubungi dokter Anda segera bila Anda menemukan gejala-gejala berikut ini pada anak Anak Anda.
  • Sakit perut yang parah.
  • Muntah yang berdarah atau terlihat seperti bubuk kopi.
  • Tinja yang berdarah, hitam, atau terlihat seperti tar.
  • Nyeri terbakar di daerah di bawah tulang rusuk yang meningkat setelah makan, minum susu, atau minum antacid.

Penting untuk diingat bahwa anak-anak bisa terserang sakit perut karena berbagai alasan – seperti gangguan pencernaan, virus, dan juga usus buntu. Banyak sakit perut yang tidak di sebabkan oleh H.pylori.

No comments:

Post a Comment