Mengenal Penyakit Katarak

Mengenal Penyakit Katarak - Katarak merupakan suatu opasifikasi dari lensa yang normalnya transparan seperti kristal, jernih. Kondisi ini biasanya sebagai akibat dari penuaan namun dapat juga terjadi saat lahir. Katarak juga dapat berkaitan dengan trauma tumpul atau penetrasi, penggunaan kortikosteroid jangka panjang, penyakit sitemik seperti diabetes mellitus, hiperparatiroidisme, pemajanan terhadap radiasi, pemajanan terhadap cahaya yang terang atau matahari yang lama ( cahaya ultraviolet ), atau kelainan mata lainnya.

Gejala Khas dari Katarak

  • Terjadinya penurunan ketajaman penglihatan, ketidakmampuan untuk membelalak, penglihatan menjadi redup atau kabur dengan penyimpangan gambar, penglihatan malam hari memburuk.
  • Pupil mata dapat terlihat kekuningan, abu-abu, atau putih; terjadi secara bertahap selama periode tahunan, dan sejalan dengan memburuknya katarak, maka kacamata yang paling kuat sekalipun tidak akan dapat menolong lagi.

 

Beberapa Teknik Pembedahan Katarak 

Tidak terdapat pengobatan untuk katarak, meskipun tersedia dua teknik pembedahan; ekstraksi katarak intrakapsuler ( EKIK ) dan ekstraksi katarak ekstrakapsuler ( EKEK ).
  • Indikasi dari pembedahan adalah kehilangan penglihatan yang mengganggu aktivitas normal atau katarak yang menyebabkan glaukoma.
  • Katarak diangkat dibawah anestei lokal dengan rawat jalan.
  • Kehilangan penglihatan berat dan akhirnya kebutaan akan terjadi kecuali dilakukan pembedahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel