Mengenal Ilmuwan Dorothy Hodgkin

Mengenal lmuwan Dorothy Hodgkin
TOKOH - Google baru saja memperingati kelahiran Dorothy Hodgkin, seorang ilmuwan wanita yang mumpuni berkebangsaan Inggris, yang lahir dengan nama lengkap Dorothy mary Hodgkin dari pasangan John Winter Crowfoot dan Grace mary Crofoot nee Hood, lahir pada tanggal 12 Mei 1910 di Kairo Mesir.

Kelihatannya wanita ini sangat istimewa, sampai google memperingati kelahirannya, sebagai gambaran bahwa google tidak sembarangan memberikan penghargaan kepada seseorang. Siapakah sebenarnya wanita yang bernama Dorothy Hodgkin ini ?

Dorothy Hodgkin mendapatkan tempat istimewa dan kehormatan untuk di rayakan ulang tahunnya oleh google, karena dianggap telah memberikan kontribusi dan sumbangsih pada dunia berkat hasil penelitian beliau di bisang kristalografi.

Ia sudah mencintai dan tertarik dengan dunia kimai sejak masih kecil, dan gayung tersambut karena bakatnya mendapat dukungan penuh dari orang tuanya, terutama dari ibunda tercinta. Ibunda Dorothy Hodgkin bernama Mary Crowfoot yang memang sangat mendukung minat putrinya tersebut.

Dukungan inilah yang terus memacu semangat Dorothy Hodgkin sehingga ia lolos dan mendapatkan kesempatan menimba ilmu kimia di Sommerville College, Oxford. Ia telah memasuki dunia kampus pada usianya yang meniginjak 18 tahun.

Dorothy Hodgkin di bimbing oleh mentor yang kompeten yaitu Profesor John Desmond Bernal, sehingga Dorothy kian menyadari bahwa potensi penting yang dimiliki krisatografi sinar X untuk menentukan struktur protein. Dan inilah yang membuat Dorothy Hodgkin semakin penasaran dan beberja keras melakukan penelitian, dan alhasil berbagai penemuan sukses dihasilkan oleh Dorothy Hodgkin.

Pada tahun 1945, penemuan penting dari Dorothy Hodgkin yaitu hasil studinya yang berkaitan dengan cholesteryl iodide, kemudian pada tahun 1949, belia menemukan pemecahan struktur penicillin, dan lima tahun berselang, kembali Dorothy Hodgkin mamaparkan analisisnya tentang Vitamin B12 bersama beberapa rekan satu tim-nya.

Sosok yang istimewa Dorothy Hodgkin ternyata mempunyai kisah perjalanan hidup yang tidak mudah. Ia divonis menderita penyakit radang sendi yang semakin parah, meski demikian ia tetap bersemangat dan tidak pernah tampak utus asa, dan dari kerja kerasnya tersebut beliau menghasilkan berbagai penghargaan yang mendunia. Ia mendapatkan Nobel di bidang kimia tahun 1964 dan Penghargaan Perdamaian Lenin.

Dan masih banyak lagi penghargaan lain yang diterimanya, seperti penghargaan tanda kehormatan Order of Merit dari Kerajaan Inggris Raya. Gelar ini khusus diberikan kepada para pekerja di bidang kemiliteran, ilmu pengetahuan, seni, literatur, dan budaya.

Dorothy Hodgkin tutup usia 29 Juli 1994 dalam usia 84 tahun di Inggris. Jasa besar yang diberikan oleh Hodgkin pada ilmu kimia dunia membuat Google menampilkan simbol kimia Dorothy Hodgkin di seluruh dunia pada hari pringatan kelahirannya. Sumber : http://tekno.liputan6.com/

0 Response to "Mengenal Ilmuwan Dorothy Hodgkin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel