Tips Mudah Memilih Jajanan Sehat Anak Sekolah

Makanan jajanan anak sekolah mempunyai peran penting dalam memberikan asupan energi bagi siwa sekolah. Namun, keamanan makanan jajanan anak sekolah masih perlu untuk menjadi perhatian kita semua, masih sekitar 40 persen hingga 44 persen makanan jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat kesehatan. Untuk itu sangatlah penting untuk mengingatkan anak agar mengenali ciri-ciri makanan yang tidak memenuhi standar kesehatan.

Berikut ini beberapa tips mudah yang perlu diperhatikan oleh anak dalam memilih jajanan sekolah untuk dikomsumsi.

 

Warna Makanan
Warna makanan yang yang jauh berbeda dari warna aslinya dan terlalu mencolok biasanya mengandung zat pewarna yang tidak aman.

Rasa Makanan
Jika makanan berasa tajam/sangat gurih karena penambahan zat penyedap berlebihan ( misalnya MSG ), atau terlalu manis dan pahit ( misalnya sakharin ), sebaiknya dihindari karena tidak aman untuk kesehatan anak.

Bau / Aroma
Jika anak mencium bau apek atau tengik pada jajanan sebaiknya dihindari karena makanan sudah pasti rusak dan telah terkontaminasi dengan berbagai mikroorganisme yang membahayakan kesehatan anak.

Tekstur
Jika tekstur makanan kenyal, berubah warna atau berjamur ini menandakan kalau jajanan tersebut sudah melebihi batas waktu ( kadaluarsa ), sebaiknya dihindari.

Kemasan Makanan
Makanan dibungkus dengan kertas/plastik bekas, koran bekas, stereofoam untuk mewadahi makanan yang panas, juga kurang baik karena, makanan panas akan menyerap tinta dari koran bekas dan yang lainnya akan membahayakan kesehatan anak.

Perhatikan juga label atau kemasan kotak
Komposisi, masa kadaluarsa, terdaftar pada badan POM merupakan hal yang wajib untuk dilakukan sebelum membeli jajanan atau makanan untuk anak.

Demikian beberapa tips singkat dan sederhana bagaimana memilih jajanan yang baik untuk anak sekolah agar selalu sehat dan berprestasi dalam sekolah.

0 Response to "Tips Mudah Memilih Jajanan Sehat Anak Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel