Kista Sebasea ( Kista Ateroma ) - Lesi Jinak

Kista Sebasea ( Kista Ateroma ) - Lesi Jinak
TUMOR KULIT - Nama lain dari Kista Sebasea adalah Kista Retensi. Kista ini umumnya berasal ari jerawat ( akne ) yang tersumbat muara kelenjarnya, dan berisi sel-sel/debris epidermis dan kristal-kristal kolesterol. Bila massa tumor dibelah, akan dijumpai massa putih dan berbau.

Bentuknya bulat atau lonjong, biasanya lunak, letaknya subkutan, sedikit menonjol dan besarnya dari sebesar ujung korek api hingga sebesar jeruk. Yang khas pada kista ini adalah kadang-kadang dapat dijumpai suatu bintik pada puncak penonjolan kista pada kulit ( pungta ), yang merupakan muara kelenjar yang tersumbat. Pada palpasi teraba lekukan di daerah pungta, konsistensi tumor kistik, berfluktuasi, dapat di gerakkan dari dasar dan tidak nyeri tekan.

Daerah prediliksi kista ini adalah : kepala, wajah, leher, telinga, punggung, telapak kaki, skrotum, vulva. Kista ateroma harus dibedakan dengan lipoma, kista dermoid, kista epidermoid, limfadenitis, xantoma.

Cara Mengatasi Kista Ateroma ?

Biasanya akan dilakukan operasi kecil ( bedah minor ) dengan cara ekstirpasi kista ( pengangkatan kista ), kista harus diangkat dengan simpai ( kaspulnya ). Jika tidak, kemungkinan terjadi kekambuhan ( residifis ) sangat besar.

0 Response to "Kista Sebasea ( Kista Ateroma ) - Lesi Jinak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel