Cara Mencegah Penyakit Gondongan Pada Anak

Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak - Penyakit Gondongan ( mumps ) merupakan penyakit akibat infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar parotis secara tiba-tiba.Gondongan banyak menyerang dan ditemui pada anak-anak, khsusunya usia 5-19 tahun.Tanpa penanganan yang baik, gondongan akan menimbulkan komplikasi yang serius.

Kelenjar ludah terletak dibawah daun telinga.Biasanya kelenjar sebelah kiri lebih rentan terhadap serangan virus dibandingkan yang kanan.Tetapi banyak juga kasus, kedua sisi ( kanan dan kiri ) dua-duanya terserang virus.

Proses perjalanan penyakit gondongan sebenarnya mudah diketahui dengan mengamati tanda-tanda berikut ini :

Sekitar 24 jam sebelum terinfeksi

Biasanya anak mengeluh sakit didaerah sekitar telinga.Rasa sakit ini semakin bertambah ketika mengunyah.

Pada hari berikutnya

Kelenjar ludah mulai membengkak, biasanya dimulai dari bawah telinga.Akibatnya, daun telinga si kecil agak terdorong keatas dan keluar.Anak biasanya semakin rewel, karena rasa nyerinya benar-benar hebat.Tetapi, ada juga anak yang tidak rewel karena tidak merasa terlalu nyeri.

Dalam waktu 3-7 hari.

Kelenjar ludah yang membengkak dapat mengecil secara bertahap.

Gondongan merupakan penyakit menular, karena penyebabnya berupa virus.Jadi, tak heran bila anak-anak mudah tertular penyakit ini.Cara penularannya bisa melalui kontak langsung dengan penderita, dengan cara berikut.
  • Memakai peralatan makan penderita.
  • Memakai saputangan penderita
  • Melalui percikan ludah ketika penderita batuk dan bersin.
Selain kelenjar ludah, virus gondongan bisa menyebabkan komplikasi karena menyerang organ-organ tubuh lain, seperti sistim saraf, pankreas, organ reprosduksi, selaput otak, bahkan bisa sampai ke otak.

Perlu dicatat, komplikasi dapat terjadi antara 3-10 hari setelah kelenjar parotis ( ludah ) membengkak. Adapun gejala komplikasi berupa kejang dan penurunan kesadaran.

Komplikasi yang paling ditakuti adalah apabila terjadi infeksi testis.Sebab fungsi testis si kecil bisa terganggu dan menyebabkan kemandulan di kemudian hari.Keadaan ini terjadi bila virus gondongan menyerang anak laki-laki usia akil balig.

Pencegahan

Sebenarnya, setiap bayi yang baru lahir sudah dibekali kekebalan tubuh yang diperoleh dari ibunya.Kekebalan lain juga dapat diperoleh melalui imunisasi.Namun, kekebalan tubuh ini hanya mampu bertahan 12-15 bulan setelah si kecil lahir.

Biasanya vaksinasi gondongan diberikan bersamaan dengan vaksin campak ( measles ) dan rubela ( campak jerman ).Oleh karena itu, vaksin yang diberikan yaitu MMR ( Measles, Mumps, dan Rubella ).Vaksin ini bisa memberi kekebalan seumur hidup.

Sebaiknya vaksinasi MMR diberikan setelah si kecil berumur 15 bulan.Pertimbangan ini diambil karena yang diberikan berupa virus hidup yang sudah dilemahkan.Kalau diberikan pada bayi berusia kurang dari 15 bulan, dikhawatirkan virus ini menjadi ganas.

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Gondongan Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel