Kembangkan Kreativitas Si Kecil

BLOGONASIS - Sejatinya, semua anak adalah kreatif.Untuk itu, mereka ingin tahu segala sesuatu yang bersifat baru mulai dari apa yang mereka lihat, dengar, hingga apa yang mereka rasakan.Hanya saja, kretifitas setiap anak berbeda.Pembedanya adalah adanya pembatasan dari lingkungan dan rasa antusiasme si kecil yang bervariasi.Disinilah , orang tua berkewajiban untuk mengetahui, mengenal dan menggali bakat dan minat si kecil sejak dini.


Hal ini bukan pekerjaan yang sulit, mengingat kemampuan-kemampuan yang menonjol dari si kecil akan terlihat dengan sendirinya secara jelas.

Menjadi kewajiban orang tua untuk memfasilitasi  dan mengembangkan kreativitas si kecil.Sebagaimana diketahui ciri anak kreatif adalah spontan, rasa ingin tahu, lancar berpikir, detail oriented dan orisinalitas ide.

Berikut hal-hal yang perlu dipahami orang tua dalam memfasilitas sekaligus mendorong kemampuan yang dimiliki si kecil sehingga kreativitas si kecil terus berkembang.

Tidak Menuntut Keinginan

Sosok orang tua yang baik bukanlah yang menuntut segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.Contoh : menginginkan  si kecil menjadi lebih suka menggambar yang menjurus kepada seni rupa.bila orang tua memaksakan keinginannya.hal ini tidak akan berhasil mengingat ketidak cocokan minat.

Sebagai orang tua, harus dapat menerima kelebihan dan kekurangan si kecil.Lebih dari itu, orang tua harus dapat memotivasi sekaligus mensugesti bahwa si kecil mampu melakukan kegiatan yang terkait minatnya.

Anak adalah unik

Seringkali orang tua membandingkan si kecil dengan anak lain, seolah-olah selalu saja ada kekurangan si kecil.Padahal setiap anak adalah unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya.Dari sisi anakpun, sebagai individu sama halnya dengan orang dewasa, tidak suka dibandingkan dengan orang lain.alhasil, sikap bijak orang tua diperlukan untuk memahami keunikan setiap anak.

Memberi contoh

Kita harus memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap apa tengah dikerjakan oleh anak-anak kita.Misalnya dengan ikut melakukan aktivitas bersama anak dan memperkenalkan hal baru serta gagasan-gagasan yang berhubungan dengan aktivitas tersebut dapat digunakan untuk memberitahu cara yang baik untuk melakukan aktivitas tersebut, resiko, serta keuntungannya.Selanjutnya, biarkan si kecil berpikir tentang hobi barunya itu.Yang perlu orang tua lakukan adalah memberikan waktu, tempat, kemudahan, dan bahan-bahan agar si kecil semakin kreatif.

Lakukan dengan santai

Acapkali orang tua lebih menyukai melihat langsung hasil jadi dari kreatifitas anak dan melupakan proses belajar mencapai tujuannya.Padahal dalam proses justru akan terlihat jelas bagaimana mereka memecahkan masalah, berusaha, dan menikmati keberhasilan.Untuk itu sebaiknya orang tua juga memberikan perhatian kepada proses dengan perspektif si kecil, bukan atas dasar cara pandang seorang dewasa.Sering mengajak anak ketempat yang menimbulkan kretivitas adalah kegiatan positif.Seperti berkunjung ke museum sain dan museum lainnya.Kegiatan bereksperimen juga bisa dilakukan di rumah, seperti membuat baling-baling bamboo, ketapel, tempat pensil dari bahan-bahan bekas pakai.

Kreativitas Multidimensi

Wujud kreativitas si kecil bisa saja berbeda-beda Contoh : setiap pulang dari sekolah, ia mendapatkan hal baru yang ia sukai, maka akan langsung dipamerkan kepada orang tuanya dirumah, sebaliknya jika kreativitas tersebut tidak ia sukai dan tidak ada sedikitpun perhatiannya, dengan dipaksapun akan sulit dikembangkan.Contoh : si kecil mendapat cara-cara cepat dalam menyelesaikan pelajaran matematika.Praktis ia akan memamerkan hal tersebut kepada orang tuanya.sebaliknya ia tidak akan melakukan hal serupa ketika mendapatkan pelajaran seni tari yang tidak ia sukai.Pendeknya kreativitas itu multidimensional, dan setiap anak memiliki dimensi kreativitasnya masing-masing.

Tag :
kreativitas anak, kewajiban orang tua, memfasilitasi, tidak menuntut keinginan, anak adalah unik, kreativitas multidimensi, memberi contoh, lakukan dengan santai,cermati prosesnya.

0 Response to "Kembangkan Kreativitas Si Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel