Ketahui Apa itu Sariawan & Penyebabnya

BLOGONASIS - Sariawan ( Chanker Sores, Ulkus Aftosa ) adalah suatu luka terbuka yang kecil didalam mulut yang menimbulkan nyeri.Sariawan dapat terjadi disemua bagian mulut.Bila sariawan ini terletak di dekat faring, penderita biasanya mengeluh sakit menelan.


Apa Penyebab Sariawan ?

Penyebabnya macam-macam misalnya kebersihan mulut yang buruk, gizi kurang, infeksi kuman, gangguan hormonal ( gingivostomatitis deskuamatif ), kelainan darah, pemakaian obat-obatan ( stomatitis medikamentosa/venenata ) atau makanan yang mer**gsang misalnya cabe.

Stomatitis vincent disebabkan oleh kuman Gram Negatif, sedangkan stomatitis aftosa ( sariawan ) merupakan salah satu bentuk yang tidak diketahui penyebabnya.Beberapa faktor diduga berperan dalam terjadinya sariawan, misalnya demam, stress, trauma, cemas, gangguan hormonal.

Stomatitis Vincent atau gingivostomatitis nekrotik biasanya timbul akut.Penderita mengeluh mulutnya rasa terjadi perdarahan spontan pada gusi dan gigi terasa memanjang.Ulkus pada stomatitis ini biasanya terdapat didaerah gusi antar gigi dan diselaputi pseudomembran berwarna kuning keabu-abuan yang mudah diangkat.Tetapi ulkus ini dapat meluas ke bagian lain mulut sampai ke faring.

Penatalaksanaan dan Pencegahan 
  • Sariawan dapat dicegah dengan selalu menjaga personal hygiene, terutama kebersihan mulut.
  • Bagi penderita sariawan dianjurkan  istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan jangan merokok.Kemudian mulut dibersihkan dengan cairan H2O2 ditambah air hangat.
  • Berikan vitamin B-Kompleks dan vit C 50 mg tiga kali sehari selama 3 hari. 
Perlu juga Anda ketahui :

0 Response to "Ketahui Apa itu Sariawan & Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel