Mengenal Lebih Dekat Google dan Produknya

Siapa yang tidak kenal dengan Google ? Google Inc merupakan perusahaan multinasional yang berasal dari Amerika, dimana perusahan ini kita kenal sebagai  search engine terbesar di dunia.dan tentu saja masih banyak lagi bidang investasi lainnya yang menjadi fokus dari perusahaan ini, seperti bidang periklanan, komputasi  dll. Bagi Anda pengguna internet wajib mengenal Google dengan segala produk - produknya yang tentu saja memberikan kemudahan dan memanjakan Anda dalam mengeksplorasi dunia maya, Apa saja produk-produk

Blogger

Blogger merupakan platform blogging terkenal yang pastinya tidak asing bagi Anda yang mempunyai hobi dalam dunia blogging yang dikenal dengan domain belakang [dot] blogspot, Blogger telah diakuisisi Google dari Pyra Labs.

Blogger memiliki banyak fitur yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam dunia blogging, bahkan juga telah berinteraksi dengan Google Adsense, Feed burner yang juga telah dibeli oleh perusahaan google.dan Blogger merupakan platform yang direkomendasikan jika Anda berniat menjadikan blog Anda sebagai mesin uang sebagai publisher Google Adsense.

FeedBurner

Feedburner merupakan salah satu tools berbasis web dari Google yang saling melengkapi dengan blogger, dimana tools ini mempunyai fungsi dan membantu para pemilik blog dan podcaster untuk mengorganisir RSS feed dan mengetahui subscriber mereka.disamping itu feedBurner dapat membantu Anda menganalisis blog, jumlah pelanggan yang membaca blog Anda termasuk monetisasi feedBrner Anda.

Gmail

Gmail merupakan salah satu produk layanan gratis dari google yang kaya akan fitur dan satu yang menarik adalah fitur " conversation view " yang mirip dengan thread pada forum-forum dan ada lagi fasilitas labelling dan filtering pada pesan-pesan di kotak masuk Anda.dan tidak perlu khawatir karena Gmail memberikan free storage sebesar 7,5 GB, bahkan baru-baru ini google menambah kapasitas storage menjadi 10 Gb, menyenangkan bukan, disamping itu tampilan halaman Gmail juga sangat apik, navigasi yang tidak membingungkan.

Google Alert

Google alert merupakan update-upadate email dengan hasil yang sangat relevan dan berdasar pada topik yang Anda pilih, sebagai contoh jika Anda ingin mendapat alert seputar dunia blogging , maka google akan memberikan update email yang relevan tentang dunia blogging.

Google Analytic

Google analytics merupakan layanan gratis dari google yang bertujuan untuk menciptakan dan menganalisis statistik visitor blog anda secara menyeluruh dan detail, biasanya fitur ini digunakan oleh para marketer untuk menganalisa trafik blog mereka untuk keperluan marketing.Jika anda berniat untuk memonetisasi blog Anda, Google analytics wajib Anda gunakan.

Google Blog search

Google blog search merupakan teknologi search dari google yang berbasis pada search konten blog, dengan GBS anda dapat mencari blog yang relevan dengan topik yang anda inginkan.

Google Bookmarks

Google boorkmarks merupakan layanan gratis bookmarks online bagi Anda yang telah memiliki akun dari google, fitur label, tag dan notes yang terintegrasi didalamnya memungkinkan anda untuk lebih memaksimalkan bookmark anda menjadi lebih rapi dan terorganisir.

Google calender

Google calender dapat membantu anda dalam pengaturan jadwal kegiatan blogging anda , even, serta dapat anda gunakan sebagai organizer online Anda.Google calender juga terintegrasi kedalam Gmail melalui widget calendernya.Even yang Anda buat dengan mudah dapat anda share ke teman-teman Anda.

Google Chrome

Google chrome merupakan browser open source dari google yang mulai meramaikan perang browser di internet.browser dini di sangat powerfull dan terintegrasi dengan Gmail.

Google Custom Search

Google custom search  merupakan search engine yang dapat anda benamkan dalam blog Anda, dimana CSE  memiliki kemampuan searching sesuai prioritas dan batasan hasil sesuai dengan topik blog yang Anda tentukan.Gunakan  CSE untuk memprkuat dan mamaksimalkan hasil pencarian di blog anda.

Google Desktop

Google desktop dapat memudahkan anda mengakses seluruh fitur dan layanan dari google langsung dari desktop Anda.di disain untuk memudahkan Anda melakukan pencarian di komputer Anda, sama mudahnya jika melakukan pencarian di Google search.

Google Docs

Google Docs adalah layanan pengolahan data, spreadseheet, dan presentasi berbasis web yang tentu saja gratis dari google.Aplikasi ini dapat membantu anda dalam membuat dan mengolah dokumen secara online baik secara kolaboratif dengan teman dan real time autosaving.bagi Anda yang memiliki rekan dalam menulis blog, Google Docs menjadi pilihan media komunikasi yang sangat powerfull.

Google Friend Connect

Produk yang satu ini tentu sangat populer dikalangan blogger mania, dimana aplikasi ini dapat membantu anda dalam mengelola fitur social seperti registrasi, invitasi dan galeri member blog Anda.Google friend Connect merupakan tools yang apik untuk membangun komunitas blog Anda.

Google Images

Jika anda memerlukan foto untuk artikel anda, selain picasa dan flickr, Google Image merupakan pilihan atau alternatif lain untuk mencari foto yang sesuai dengan tulisan Anda.

Google maps

Google maps sangat membantu bagi yang membutuhkan peta dari suatu daerah, dan dapat memperjelas tulisan anda jika menyangkut suatu tempat atau daerah.

Google News

Google News akan membantu anda dalam melihat informasi-informasi dari google yang juga dapat anda filter sesuai dengan informasi atau topik yang Anda butuhkan.

Googel Reader

Fitur reader dari google ini sangat populer dikalangan dunia blogging, karena layanan reader ini sangat simpel dalam mengatur koleksi pelanggan blog pavorit Anda kedalamnya, apalagi jika anda menambahkan add-ons Better GReader dari Firefox fiturnya akan semakin lengkap.

Google search

Sudah jelas bahwa google search sangat handal dalam pencarian informasi-informasi yang Anda butuhkan, jadi tidak usah diragukan lagi.

Google Talk

Merupakan aplikasi messenger dari google, seperti halnya yahoo messenger.GT dapat anda gunakan sebagai media komunikasi online dengan teman, keluarga dan mungkin dengan relasi bisnis Anda.GTalk juga terintegrasi dengan Gmail dan iGoogle baik dengan fitur chat, voice dan video melalui koneksi dengan internet protocol.

Google Tolbar

Google toolbar hadir dengan integrasi dengan produk-produk google lainnya yang bisa anda manfaatkan.adapun fiturnya seperti bookmark dari layanan google bokkmarks, sugesti dalam pencarian, send to yang akan mengirimkan halaman blog atau web kepada teman anda melalui Gmail, blog atau bahkan SMS.

Google Translate

Google Translate ini sangat berguna dalam hal menterjemahkan bagian teks atau halaman situs ke berbagai bahasa yang telah support dengan google.

Google Trends

Google trends dapat membantu Anda dalam melihat perkembangan atau trends yang terjadi .dapat Anda gunakan jika ingin mengetahui keyword yang dapat Anda gunakan disesuaikan dengan trend yang sedang berlangsung saat ini sehingga dapat menjadi referensi anda dalam menemukan keyword yang tepat dalam tulisan Anda.

iGoogle

iGoogle adalah halaman homepage yang bisa anda personalisasi sesuai minat dan keinginan Anda.Banyak widget yang tersedia dalam aplikasi ini yang bebas anda gunakan untuk memperkaya informasi pada halaman homepage browser.Kegunaanya dalah untuk mensentralisai semua kebutuhan informasi yang bisa menjadi referensi dalam penulisan artikel blog pada satu halaman yang terpadu.Hanya yang perlu Anda ingat untuk menggunakan produk ini iGoogle memerlukan setting penerimaan cookies yang aktif pada browser anda.

Picasa

Picasa merupakan layanan photosharing, seperti flickr.Picasa album juga menjadi alternatif photo sharing jika anda memiliki akun google.kegunaan dari picasa seperti upload photo,untuk lebih jelasnya baca disini

Youtube

Kalau ini adalah fitur pavorit saya, aplikasi ini memiliki kegunaan jika anda ingin menambahkan cuplikan video atau podcast pada blog Anda, gunakan saja youtube untuk menguploadnya.Youtube juga sudah menjadi bagian dari Google Inc.asyik bukan !!!

Google Webmaster Tool

Google Webmaster adalah tool yang berguna dalam hal submmit, meningkatkan, statistik, mendiagnosa situs atau blog Anda.Google Analytics termasuk dalam google webmaster tool.Kegunaannya untk menganalisa semua informasi yang berkaitan dengan blog seperti trafik, maupun analisa yang berguna untuk meningkatkan SEO blog Anda.

Google Group

Google group merupakan sarana milis, yang disediakan oleh google, sebagai alternatif selain dari layanan yang disediakan Yahoo.kegunaanya sebagai sarana dalam membangun komunitas sesama blogger yang tentunya akan memberikan menfaat yang besar bagi Anda.

Google Code

Google Code merupakan rumah bagi para programmer untk mendistribusikan open source mereka.Kegunaanya menyediakan source code yang mampu meningkatkan kemampuan coding blog Anda.

Google AdSense

Google AdSense merupakan layanan pengiklanan dari Google dengan sistem PPC atau adSense for search.Para pemilik blog yang telah diterima sebagai publisher AdSense dapat memasang iklan Google AdSense  dan berhak mendapatkan penghasilan dari setiap klik dari visitor sesuai dengan kesepakatan yang telah diatur Google AdSense.

Google AdWords

Google AdWords merupakan sarana bagi para adverstising yang ingin mempromosikan usaha atau blognya bersama dengan jaringan advertising Google.kegunaannya jika Anda ingin mempromosikan blog anda melalui iklan, Google AdWords merupakan salah satu media yang paling tepat.

Demikianlah ulasan seputar Google dan produk-produknya yang saya himpun dari berbagai sumber baik secara online maupun offline, jika masih ada produk dari Google yang belum disebutkan diharapkan kontribusinya agar bisa ditambahkan dan dilengkapi.Semoga tulisan ini membawa manfaat buat kita semua.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Google dan Produknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel