3 Petuah Bisnis dari Google CEO

BLOGONASIS - Google merupakan salah satu contoh perusahaan yang sukses dibidangnya berkat konsistensi dan inovasi-inovasi yang terus menerus.Berawal dari sekedar mesin pencari sampai akhirnya menciptakan berbagai aplikasi-aplikasi dan layanan yang merajai internet.


Ada kebiasaan unik yang yang dikembangkan oleh  google yang patut mendapat pujian, dimana google mengembangkan budaya inovasi dan kreativitas dalam perusahaannya, salah satunya google mempunyai jadwal pertemuan mingguan.Seluruh karyawan google di seluruh dunia diberikan kebebasan dan kesempatan untuk bertanya kepada para Eksekutif Google, baik secara langsung maupun tidak langsung ( email ).

Dilansir dalam wawancara yang dilakukan oleh Wired.com, CEO Google Larry page, mengungkapkan beberapa rahasia kesuksesan dalam membangun perusahaannya sehingga bisa sukses seperti sekarang ini, Anda ingin tahu rahasianya ?

Lakukan hal-hal " Gila "

Banyak perusahaan besar yang lalai sehingga lupa melakukan inovasi.hal inilah yang sangat dihindari oleh google dengan cara memupuk budaya inovasi di lingkungan perusahaannya.Para karyawan dituntut untuk selalu berpikir besar ( Think Big ), dan melakukan hal-hal yang tidak biasa.

Sejak kecil Larry page mempunyai mimpi yang sangat kuat untuk menjadi seorang penemu, dia tidak hanya ingin menciptakan poduk yang hebat, tapi lebih dari itu ia ingin mengubah dunia.Mimpi itu tetap hidup hingga kini dan diwujudkan bersama Google.

Seperti kita ketahui Google telah banyak menciptakan berbagai aplikasi dan layanan seperti penerjemah kedalam berbagai bahasa, serta melahirkan Google Map, Google Drive, layanan penyimpanan data yang berbasis cloud computing, tidak hanya itu ada Youtube, Android dan Chrome yang telah digunakan oleh banyak orang.untuk mengetahui fitur-fitur Google silahkan baca Mengenal lebih dekat google dan produknya

Bahkan menurut kabar Google sedang membangun proyek dan Lab khusus yang bernama Google X, Berbagai fasilitas dalam Google X dibuat yang digunakan untuk mendukung riset Google untuk menciptakan berbagai teknologi masa depan, seperti kacamata berbasis Augmented Reality.

"Jadi jika tidak melakukan hal-hal gila, kamu melakukan hal-hal yang salah " ujar Page.Sebagai seorang CEO dari perusahan yang mendunia, dia selalu mendorong karyawannya untuk melakukan dan mengedepankan inovasi.

Inovasi harus diikuti dengan Komersialisasi

Inovasi harus diikuti dengan komersialisasi, Page mencontohkan Xerox PARC, salah satu dari anak perusahaan dari Xerox corp, yang beriri pada tahun 1970, Xerox sangat dikenal didunia dengan berbagai inovasinya dibidang teknologi dan hardware.Beberapa inovasinya terkenal dan mempunyai andil dan peranan penting dalam bidang komputasi modern.diantaranya, ethernet, graphical user interface ( GUI ), dan teknologi laser printing." Namun mereka tidak fokus pada komersialisasi " ujar Larry, itulah yang membuat Xerox PARC jadi gagal.

Jadi setiap perusahan membutuhkan dua hal yakni Inovasi dan Komersialisasi.

Jangan Fokus pada Persaingan

Inilah yang membedakan google dengan perusahaan-perusahaan lainya, google fokus pada inovasi dan pengembangan produk-produk dan layanannya, bukan pada persaingan atau kompetisi.

" Apa yang menarik dari kita bekerja jika hal yang terbaik kita lakukan adalah mengalahkan perusahaan lain yang melakukan hal yang sama dengan kita ? itulah yang membuat banyak perusahaan jatuh secara perlahan.Mereka mempunyai kecendrungan melakukan hal yang sama dengan yang pernah mereka lakukan dan hanya melakukan perubahan kecil, " ujar Larry.

Menurut Page, adalah hal yang wajar jika banyak orang ingin melakukan hal-hal yang mereka yakin tidak akan gagal.Namun, untuk sukses perusahaan teknologi perlu membuat suatu perubahan yang besar.

Ketika merilis Gmail misalnya, Google masih menjadi sekedar mesin pencari.menciptakan layanan email berbasis web merupakan sebuah lompatan besar bagi Google.Apalagi google berani menyediakan kapasitas penyimpanan besar jika dibandingkan dengan perusahaan serupa pada saat itu.

Pada saat mengembangkan Gmail, sudah ada beberapa perusahaan lain yang memiliki mesin pencari.Gmail tidak akan ada jika Google hanya fokus untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan itu.Google lebih memilih untuk fokus untuk mengembangkan produk-produk dan layanannya.

0 Response to "3 Petuah Bisnis dari Google CEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel