Kenali Penyakit Glaukoma

Kenali Penyakit Glaukoma - Glaukoma merupakan suatu gejala dari kumpulan penyakit yang menyebabkan suatu resultan yakni meningkatnya tekanan intra okuler yang cukup untuk menyebabkan degenerasi optik disk atau kelainan lapang pandang.

Glaukoma merupakan suatu gejala dari kumpulan penyakit yang menyebabkan suatu resultan yakni meningkatnya tekanan intra okuler yang cukup untuk menyebabkan degenerasi optik disk atau kelainan lapang pandang.

Tekanan intraokuler dapat diukur dengan menggunakan alat yang dinamakan Tonometri

Yang menjadi penyebab penyakit ini adalah meningkatnya tekanan intra okuler.harus dibedakan dengan Hipertensi okuler yaitu suatu keadaan dimana tekanan intra okuler meninggi tanpa kerusakan pada optik disk dan kelainan lapang pandang.

Klasifikasi glaukoma 

Glaukoma dapat diklasifikasikan sebagai berikut
  • Glaukoma Primer
  1. Glaukoma Primer sudut terbuka ( simple glaukoma, wide angle glaukoma, chronic simple glaukoma, acute congestive glaucoma ) adalah jenis glaukoma yang paling sering ditemukan.
  2. Glaukoma primer sudut tertututp ( narrow angle glaucoma, closed angle glaucoma, acute congestive glaucoma ).
  • Glaukoma Kongenital
  1. Glaukoma kongenital primer atau infantil ( Buftalmos )
  2. Glaukoma yang menyertai kelainan kongenital.
  • Glaukoma Sekunder
  • Glaukoma absolut
Pada glaukoma akut kongestif ( terjadinya serangan ) harus diberi perawatan yang secepat-cepatnya karena terlambatnya perawatan dapat mempercepat memburuknya tajam penglihatan dan lapang pandang.

Glaukoma akut kongestive sering diduga / didiagnosis sebagai konjungtivitis karena mata terlihat merah, pada glaukoma akut terlihat  adanya injeksi konjungtiva, injeksi silier, pupil melebar / mid dilatasi, reflek kurang.Pengukuran bola mata dengan tonometri akan didapatkan nilai yang tinggi ( normal 10-20 mmHg).

Tanda dan gejala 

Mata merah, pupil lebar, reflek kurang, kornea agak keruh, tanpa kotoran mata dengan keluhan nyeri kepala dan visus menurun dan biasanya satu mata adalah glaukoma.

Kelainan tersebut jangan di diagnosis sebagai konjungtivitis.Tanda konjungtivitis adalah mata merah ( biasanya dua mata ), terdapat kotoran mata, tidak nyeri kepala, visus tidak menurun, pupil tidak lebar dan tidak berakibat kebutaan total yang tidak dapat di obati.

Demikian beberapa tanda dan gejala yang harus anda ketahui tentang penyakit glaukoma, mudah-mudahan info ini bisa membantu anda mengenali penyakit pada mata yakni Glaukoma

Referensi : Dari berbagai sumber

0 Response to "Kenali Penyakit Glaukoma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel