Infeksi Hepatitis Virus

Hepatitis virus akut adalah merupakan bentuk peradangan pada hati karena infeksi oleh salah satu dari kelima virus hepatitis ( A,B,C,D dan E ); peradangan muncul secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa minggu.



Infeksi ini disebabkan oleh Virus Hepatitis A,B,C,D dan E

Gejala klinis 
Gejala biasanya muncul secara tiba-tiba, berupa :
Penurunan nafsu makan.
Merasa tidak enak badan.
Mual.
Muntah.
Demam
  • Kadang terjadi  nyeri sendi dan timbul biduran ( gatal-gatal kulit ) terutama jika penyebabnya adalah infeksi oleh virus hepatitis B.
  • Beberapa hari kemudian , urin warnanya berubah menjadi lebih gelap dan timbul kuning ( jaudice ).Pada saat ini gejala lainnya menghilang dan penderita merasa lebih baik, meskipun sakit kuning semakin memburuk.
  • Bisa timbul gejala dari kolestatis ( terhentinya atau berkurangnya aliran empedu ) yang berupa tinja yang berwarna pucat dan gatal diseluruh badan.
  • Jaundice biasanya mencapai puncaknya pada minggu 1-2 , kemudian menghilang pada minggu ke 2 - 4.

Pengobatan
  • Jika terjadi hepatitis akut yang sangat berat, maka penderita dirawat di rumah sakit, tetapi biasanya hepatitis A tidak memerlukan pengobatan khusus.
  • Setelah beberapa hari, nafsu makan kembali muncul dan penderita tidak perlu menjalani tirah baring.Makanan dan kegiatan penderita tidak perlu dibatasi dan tidak diperlukan tambahan vitamin.
  • Sebagian besar penderita bisa kembali bekerja setelah jaundice menghilang, meskipun hasil pemeriksaan fungsi hati belum sepenuhnya normal.

Pencegahan

  1. Kebersihan yang baik bisa membantu penyebaran virus hepatitis A.Tinja penderita sangat infeksius.disisi lain, penderita tidak perlu diasingkan;pemgasingan penderita hanya sedikit membantu penyebaran hepatitis A, tetapi sama sekali tidak mencegah penyebaran hepatitis B ataupun C.
  2. Kemungkinan penularan melalui transfusi darah bisa dikurangi dengan menggunakan darah yang telah melalui penyaringan untuk hepatitis B dan C.
  3. Vaksinasi hepatitis A diberikan kepada orang-orang yang memilki resiko tinggi, misalnya para pelancong yang mengunjungi daerah dimana penyakit ini banyak ditemukan.
  4. Untuk hepatitis C,D dan E belum ditemukan vaksin.
  5. Bagi yang belum mendapatkan vaksinasi tetapi telah terpapar oleh hepatitis, bisa mendapatkan sediaan antibodi untuk perlindungan, yaitu globulin serum.pemberian antibodi bertujuan untuk memberikan perlindungan segera terhadap hepatitis virus.
  6. Kepada bayi baru lahir dari ibu yang menderita hepatitis B diberikan imun globulin hepatitis B dan vaksinasi hepatitis B.Kombinasi ini bisa mencegah terjadinya hepatitis B kronik pada sekitar 70% bayi.

0 Response to "Infeksi Hepatitis Virus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel