Kenali penyakit Angina Pektoris

Kenali penyakit Angina Pektoris - Angina pektoris adalah suatu keadaan klinik yang ditandai dengan rasa tidak enak atau nyeri di dada akibat iskemia jaringan otot jantung.


Secara klinik angina dibedakan atas dua bentuk, yaitu angina stabil dan tidak stabil.Angina tidak stabil merupakan bentuk yang lebih berat yang dapat berkembang menjadi dan/atau merupakan bentuk awal infark miokard sehingga penderita perlu diperiksa dan di observasi lebih lanjut di rumah sakit.

Iskemia ini terjadi karena suplai oksigen yang dibawa oleh aliran darah koroner tidak mencukupi kebutuhan oksigen miokardium.Hal ini terjadi bila kebutuhan oksigen miokardium meningkat ( misalnya karena kerja fisik, emosi, tiroksikosis, hipertensi ), atau bila aliran darah koroner berkurang ( misalnya pada spasme trombus koroner ) atau bila terjadi keduanya.

Gejala klinis
  • Penderita mengeluh nyeri dada yang beragam bentuk dan lokasinya
  • Nyeri berawal sebagai rasa terhimpit, rasa terjepit, atau rasa terbakar yang menyebar ke lengan kiri bagian dalam dan kadang sampai kepundak, bahu dan leher kiri, bahkan dapat sampai ke kelingking kiri.
  • Perasaan ini dapat pula menyebar ke pinggang, tenggorokan rahang gigi dan ada juga yang sampai ke lengan kanan.
  • Rasa tidak enak dapat juga dirasakan di ulu hati, tetapi jarang terasa di daerah apeks kordis.
  • Rasa nyeri dapat disertai beberapa atau salah satu gejala berikut ini : berkeringat dingin, mual dan muntah, rasa lemas, berdebar dan rasa akan pingsan ( fainting ).
  • Biasanya angina timbul saat melakukan kegiatan fisik ( angina stabil ).
  • Serangan ini akan hilang penderita menghentikan kegiatan fisik tersebut dan beristirahat.
  • Serangan berlangsung hanya beberapa menit ( 1 - 5 menit ) tapi bisa sampai lebih dari 20 menit.
  • Nyeri angina sifatnya konstan.Bila terjadi perubahan misalnya lama serangan bertambah, nyeri lebih hebat, ambang timbulnya serangan menurun atau serangan datang waktu bangun tidur, maka gangguan ini perlu di waspadai.Perubahan ini mungkin merupakan tanda prainfark ( angina tidak stabil ).
  • Suatu bentuk ubahan ( variant ) yang disebut dengan Prinzmetal biasanya timbul saat penderita sedang istirahat.
  • Angina dikatakan tambah berat apabila serangan berikutnya terjadi sesudah kerja fisik yang lebih ringan, misalnya sesudah makan.Ini tergolong juga angina tidak stabil.
  • Pemeriksaan fisik diluar serangan umumnya tidak menunjukkan kelainan yang berarti.Pada waktu serangan, denyut jantung bertambah, tekanan darah meningkat dan di daerah prekordium pukulan jantung terasa keras.
  • Pada auskultasi, suara jantung terdengar jauh, bising sistolik terdenganr pada pertengahan atau akhir sistol dan terdengar bunyi keempat.
  • Biasanya didapatkan faktor risiko : hipertensi, obesitas atau diabetes mellitus

Untuk lebih menguatkan diagnosis yang lebih akurat biasanya dokter melakukan pemeriksaan EKG.

Penanganan Serangan Akut 

Pada serangan akut dapat diatasi dengan istirahat agar aktivitas jantung berkurang.Biasanya dokter akan memberikan vasodilator yang berfungsi memperbaiki penyediaan oksigen dan mengurangi komsumsi oksigen jantung.
Nitrogliserin sublingual biasanya diberikan pada serangan akut,tablet ini dapat digunakan beberapa kali tiap hari tanpa efek samping kecuali sakit kepala.bila 1 tablet belum menolong boleh diulang, tetapi bila setelah diulang 3 kali gejala tak berkurang maka kemungkinan telah terjadi infark.

Pencegahan serangan 

untuk pencegahan dianjurkan untuk mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan dan istirahat yang cukup agar aktivitas jantung tidak terlalu berlebihan yang akan meningkatkan risiko serangan angina pektoris

Demikian info penyakit tentang " kenali penyakit angina pektoris " semoga ada manfaatnya.
Best Regards
Sumber : Dihimpun dari berbagai sumber

0 Response to "Kenali penyakit Angina Pektoris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel