Tips Mencegah dan mengobati Anemia

Sobat blogger, seperti posting kita sebelumnya, kita sudah membahas tentang Gambaran penyakit Anemia yang meliputi Pengertian, penyebab dan gejala Anemia.Pada posting kali ini kita akan mencoba share Bagaimana mencegah dan mengobati Anemia seperti yang saya janjikan pada posting sebelumnya ( Lihat : Ayo waspada Terhadap Anemia ).
Pengobatan pada Anemia sangatlah bergantung pada penyebabnya,pada Anemia yang disebabhkan karena perdarahan akut maka dengan sendirinya sumber perdarahan harus dihentikan, bila perlu dilakukan transfusi darah.demikian juga pada perdarahan kronis , sumber perdarahan harus dicari, kemudian diobati dan dilakukan tindakan medis sesuai dengan indikasinya.tindakan medis harus dilakukan oleh tenaga ahli ( dokter, paramedis dll ).
Pencegahan Anemia akibat kekurangan Zat besi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut    :


Meningkatkan Komsumsi Makanan Bergizi
  • Makan makanan yang mengandung zat besi dari bahan makanan hewani ( daging, ikan, ayam , hati, telur ) dan bahan makanan Nabati ( sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, tempe ).
  • Makan sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin C ( daun katuk, daun singkong, bayam, jambu, tomat, jeruk dan nanas ) sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam usus.
Menambah pemasukan zat besi dalam tubuh dengan mengkomsumsi tablet tambah darah.
  • Tablet tambah darah adalah tablet besi folat yang setiap tablet mengandung ferro sulfat dan asam folat.berbagai jenis tablet tambah darah beredar dan dapat dibeli di apotik dan toko obat.
Mengobati penyakit yangmenyebabkan atau memperberat anemia 
  • Seperti : kecacingan, malaria, penyakit TBC, dan lain-lain.
Demikian cara mencegah dan mengobati anemia yang bisa saya share kali ini, mudah-mudahan bisa membantu ya Sobat Blogger.
Salam Hangat dari blogger Jambi Basri Onasis

0 Response to "Tips Mencegah dan mengobati Anemia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel